_

Jumat, 16 November 2012

Agribiznis merupakan apresiasi Seni


Perkenalkan nama saya Alfian Syahri R akan menyelesaikan S1 jurusan Agribizniz, Saya membuat blog ini berdasarkan aprisiasi saya kepada jasa-jasa para petani untuk menggali potensi kita, yang mengharapkan pertanian di Indonesia Kembali ke era 70'an di situ petesi kita telah berswasembadaya beras, mengisi kebutuhan pangan dunia' khususnya kebutuhan pangant negara kita Indonesia. namun apa yang terjadi pada saat ini, petani kita kalah dengan negara lain, umumnya negara Asia..untuk itu semoga postingan saya nantinya dapat bermanfaat, khususnya buat saya pribadi.
Blogs ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Apresiasi Seni. Saya tidak mengerti, apa kaitannya antara agribisnis dan apresiasi seni. Yang saya tahu, agribisnis itu umumnya mempelajari tentang ilmu bisnis dalam bidang pertanian. Sedangkan apresiasi seni, sudah jelas dari namanya juga. Apresiasi seni itu mempelajari tentang seni. Tapi walaupun demikian, saya sangat senang belajar apresiasi seni. Karena dalam mata kuliah apresiasi seni diajarkan tentang cara membuat poster, film dokumenter, tentang fotografi, dan tentang membuat blogs ini (walaupun sampai saat ini saya masih tidak mengerti hubungannya. hehe)
AGRIBISNIS
Agribisnis (secara salah-kaprah disebut agrobisnis di Indonesia) adalah kegiatan manusia yang memanfaatkan sumber daya alam untuk pemenuhan kebutuhan hidupnya. Agribisnis, dengan perkataan lain, adalah cara pandang ekonomi bagi kegiatan dalam bidang pertanian. Agribisnis mmempelajari strategi memperoleh keuntungan dengan mengelola aspek budidaya, pascapanen, proses pengolahan, hingga tahap pemasaran. Secara luas, agribisnis berarti “bisnis berbasis sumber daya alam”.
Objek agribisnis dapat berupa tumbuhan, hewan, ataupun organisme lainnya. Kegiatan budidaya termasuk dalam bagian hulu agribisnis. Apabila produk budidaya (hasil panen) dimanfaatkan oleh pengelola sendiri, kegiatan ini disebut pertanian subsisten, dan merupakan kegiatan agribisnis paling primitif. Pemanfaatan sendiri dapat berarti juga menjual atau menukar untuk memenuhi keperluan sehari-hari.
Dalam arti luas agribisnis tidak hanya mencakup kepada industri makanan saja. Seiring perkembangan teknologi, pemanfaatan produk pertanian berkaitan erat dengan farmasi, teknologi bahan, dan penyediaan energi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar